Penelitian Eksperimen dalam Pendidikan Matematika

Kuliah Umum Program Magister Pendidikan Matematika  Universitas Terbuka dilaksanakan pada Minggu, 9 Juni 2024 dengan mengambil Tema “Penelitian Eksperimen dalam Pendidikan Matematika”. Kuliah umum ini akan memberikan pemahaman mendalam mengenai desain penelitian eksperimen, implementasi praktik-praktik eksperimental, analisis data, dan interpretasi hasil penelitian. Pertama-tama, mahasiswa akan diperkenalkan dengan konsep dasar penelitian eksperimen dalam konteks pendidikan matematika. Mereka akan mempelajari tentang pentingnya kontrol variabel, randomisasi, dan pengaturan eksperimen untuk memastikan validitas dan reliabilitas dari temuan penelitian. Mahasiswa juga akan belajar merancang penelitian eksperimen yang sesuai dengan tujuan penelitian mereka, termasuk pengembangan hipotesis yang terukur dan objektif. Kuliah umum ini akan mengulas berbagai desain penelitian eksperimen yang relevan dalam pendidikan matematika, seperti desain eksperimen pre-test post-test, desain kontrol kelompok acak, dan desain eksperimen faktorial. Mahasiswa akan diajarkan bagaimana menerapkan desain-desain ini untuk menyelidiki berbagai strategi pengajaran matematika, pendekatan pembelajaran, atau efektivitas metode-metode tertentu dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa. Selain itu, kuliah umum ini akan menyoroti metodologi analisis data dalam penelitian eksperimen, termasuk teknik-teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis, mengukur efek intervensi, dan mengevaluasi signifikansi hasil eksperimen. Mahasiswa akan mempelajari cara menginterpretasikan temuan eksperimen mereka secara kritis, menghubungkannya dengan teori-teori yang ada, dan mengidentifikasi implikasi praktis dari hasil penelitian untuk konteks pendidikan matematika. Pentingnya kuliah umum ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan dan melaksanakan penelitian eksperimen yang berkualitas dalam pendidikan matematika. Dengan memahami metodologi eksperimental yang solid, mahasiswa dapat berkontribusi dalam menciptakan bukti-bukti empiris yang mendukung perbaikan dan inovasi dalam pengajaran dan pembelajaran matematika di berbagai tingkatan pendidikan.