Dosen MPMT melakukan PkM di SDN Pondok Cabe Ilir 2

Kegiatan PKM dengan judul “Pendampingan pemahaman konsep Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru-Guru di SDN Pondok Cabe Ilir 2” dilakukan dalam bentuk workshop yang dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 10 dan 11 Juni 2024. Jumlah peserta yang hadir adalah sebanyak 20 orang yang terdiri atas 1 kepala sekolah serta 19 bapak dan ibu guru SDN Pondok Cabe Ilir 2. Kegiatan utama dari workshop dan pendampingan ini adalah presentasi dari narasumber Bapak Dr. Ardi Dwi Susandi, M.Pd. dan Ibu Dr. Endang Wahyuningrum, M.Si. materi tentang konsep kurikulum Merdeka. Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada beberapa sesi yaitu pembukaan, kegiatan inti serta penutup. Dalam kegiatan pembukaan selain dihadiri oleh tim dan peserta PKM, kegiatan juga dihadiri oleh ketua program studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Terbuka, yaitu Ibu Dr. Endang Wahyuningrum, M.Si. yang juga sekaligus membuka acara secara resmi. Kegiatan pembukaan juga dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Kepala Sekolah SDN Pondok Cabe Ilir 2 yaitu Bapak Agus Niin, S.Pd. dimana menyampaikan rasa terimakasih yang mewakili para guru yang berkesempatan mengikuti kegiatan PKM dan siap menerima pengetahuan baru mengenai kurikulum merdeka. Kepala sekolah juga mendukung penuh kegiatan PKM ini dan siap jika akan ada kegiatan-kegiatan selanjutnya dari Universitas Terbuka. Kegiatan pembukaan diakhiri dengan doa.

Pada hari pertama, 10 Juni 2024, kegiatan yang dilakukan pada Pendampingan ke-1 adalah sebagai berikut: (1) Penyampaian materi tentang (a) penjelasan materi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP); (b) kedudukan CP dalam pembelajaran; dan (c) menyusun tujuan pembelajaran (TP) serta alur tujuan pembelajaran (ATP). Kegiatan ini diikuti dengan diskusi antara tim dengan peserta. Permasalahan yang diajukan peserta adalah sebagai berikut (1) apakah KOSP bisa diubah setiap tahun; (2) cara merumuskan TP dari elemen CP; (3) apakah TP bisa lebih dari satu; dan (4) bagaimana membuat ATP dari TP yang telah disusun. Pada hari kedua, 11 Juni 2024, kegiatan yang dilakukan pada Pendampingan ke-2 adalah sebagai berikut: (1) Penyampaian materi tentang alur penyusunan modul ajar serta modifikasi modul ajar; (2) implementasi penyusunan modul ajar; dan (3) penyampaian materi tentang cara membuat modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) . Seperti pada pendampingan ke-1, pendampingan ke-2 diawali dengan penyampaian materi oleh tim PKM tentang modul ajar dan modifikasi modul ajar. Materi tentang modul tidak terlalu sulit karena pada hakikatnya modul ajar dalam Kurikulum Merdeka hampir sama dengan RPP dalam Kurikulum 2013. Peserta memerlukan penyesuaian saja karena ada hal-hal yang kemungkinan dianggap berbeda. Selain itu juga disampaikan materi oleh tim PKM tentang modul P5 dan modifikasi modul P5. Pada materi ini peserta sedikit mengalami kesulitan. Namun dengan adanya diskusi, para peserta menjadi paham tentang materi modul P5. Adapun kesulitan-kesulitan yang dialami para peserta dalam materi modul P5 yaitu (1) cara menentukan tema dan topik yang cocok dalam P5; (2) bagaimana pelaksanaan P5 dalam pembelajaran; (3) membuat pertanyaan pemantik dalam modul P5; dan (4) alur dari modul P5. Kegiatan ini diikuti dengan diskusi antara tim dengan peserta.