Review Literatur Sistematis dan Meta Analisis dalam Pendidikan

 

Kuliah Umum Program Magister Pendidikan Matematika  Universitas Terbuka pada mata kuliah metode penelitian Pendidikan matematika dilaksanakan pada Kamis, 24 November 2022 dengan mengambil Tema “Review Literatur Sistematis dan Meta Analisis dalam Pendidikan”. Kuliah umum tersebut akan membahas konsep dan praktik krusial dalam mengumpulkan, mengevaluasi, dan mensintesis bukti-bukti ilmiah dalam literatur pendidikan matematika. Kuliah umum ini akan mengajarkan kepada mahasiswa teknik-teknik yang diperlukan untuk melakukan review literatur sistematis dan meta analisis secara efektif. Pertama, mahasiswa akan diperkenalkan pada konsep dasar review literatur sistematis, yang mencakup langkah-langkah sistematik untuk mencari, menilai, dan menyusun ulang bukti-bukti dari berbagai sumber literatur ilmiah. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana merumuskan pertanyaan penelitian yang jelas, merancang strategi pencarian yang komprehensif, dan menerapkan kriteria inklusi serta eksklusi yang tepat untuk seleksi studi-studi yang relevan. Selanjutnya, kuliah umum ini akan fokus pada meta analisis, yaitu teknik statistik yang digunakan untuk menggabungkan dan menganalisis hasil-hasil dari berbagai studi empiris. Mahasiswa akan belajar mengenai berbagai jenis meta analisis, seperti meta analisis kuantitatif dan kualitatif, serta teknik-teknik yang digunakan untuk mengevaluasi konsistensi dan kekuatan bukti dari hasil-hasil yang ditemukan. Dalam konteks pendidikan matematika, kuliah ini akan menyoroti aplikasi dari review literatur sistematis dan meta analisis dalam menyelidiki isu-isu kritis seperti efektivitas metode pengajaran matematika, pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika tertentu, atau dampak program pembelajaran matematika terhadap pencapaian akademik. Pentingnya kuliah umum ini terletak pada kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan analitis yang mendalam, kemampuan untuk menafsirkan dan mensintesis bukti-bukti dari studi-studi yang ada, serta kritis dalam mengevaluasi kekuatan dan kelemahan metode-metode penelitian yang digunakan dalam literatur pendidikan matematika. Dengan demikian, mereka akan siap untuk berkontribusi secara signifikan dalam mengembangkan pengetahuan dan praktik dalam bidang pendidikan matematika melalui pendekatan yang didasarkan pada bukti ilmiah yang solid dan teruji.